Rabu, 14 Mei 2008

Kalsel Kembangkan Tanaman kedelai 7.750 HA

Banjarmasin, Kominfo Newsroom -– Kalimantan Selatan dalam tahun 2008 ini akan mengembangkan tanaman kedelai seluas 7.750 hektare yang lokasinya tersebar di beberapa kapupaten sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan kedelai di daerahnya.

''Untuk pengembangan kedelai seluas 7.750 hektar tersebut telah mendapat bantuan benih bermutu dari Departemen Pertanian (Deptan),'' kata Kepala Dinas Pertanian Kalsel, Ir Yohanes Sriyono, dalam penjelasannya di Banjarmasin, Senin (21/4).

Dalam pengembangan tanaman kedelai tahun 2008 tersebut, yono, menurut rencana setiap hektare mendapat bantuan benih bermutu dari Pemerintah Pusat sebanyak 40 kg. tersebar pada 8 daerah antara lain Kota Banjarbaru, Kabupaten Kotabaru, Banjar, Hulu Sungai Tengah (HST), Barito Kuala (Batola), Hulu Sungai Selatan (HSS), Tabalong dan Kabupaten Tanah Laut.

Namun, tanaman kedelai yang sudah ditanam petani di Kalsel sekitar 500 hektare tersebar di Kota Banjarmasin, Kabupaten Barito Kuala dan Kabupaten Tanah Laut (Tala).

Pengembangan kedelai di Kalsel selama tahun 2007, menurut Yohanes, relatif sangat kecil dan yang dilakukan oleh petani hanya sekitar 1.800 hektare seiring dengan harga kedelai yang rendah dibandingkan harga komoditas lainnya.

Selain itu, rendahnya minat petani mengembangkan kedelai dan rendahnya harga, mengakibatkan produksi komoditi tersebut sekitar 1,1 ton/hektare. ( www.banjarmasi nprop.go.id t.nw/toeb)

Tidak ada komentar: